Sabtu, 08 Januari 2011

Bab 3 BAGAIMANA MENCIPTAKAN PENAWARAN

YANG MENINGKATKAN KENIKMATAN/ PERCEIVED VALUE/ RETURN ON INVESTMENT (ROI)/ HAL-HAL YANG POSITIF

MENINGKATKAN NILAI TAMBAH
1.Berhadiah aksesoris yang masih terkait dengan produk/ jasa yang dijual.
   contoh: handphone berhadiah sarungnya, software, tali gantungan.
2.Berhadiah produk/ jasa sejenis yang masih terkait dengan produk/ jasa yang dijual.
   contoh: beli piring berhadiah mangkok, beli sepatu berhadiah sandal.
3.Berhadiah produk/ jasa yang tidak ada hubungannya dengan produk/ jasa yang dijual.
   contoh: beli emas 2 gram berhadiah payung, beli kartu ATM berhadiah mug.
4.Melakukan undian berhadiah.
   contoh: Gebyar BCA, beli mobil diundi mobil.

Kunci dalam memberi hadiah
   hadiah yang mahal/ kesannya mahal padahal barang atau produk dibeli dengan harga murah/ gratis (karena dibeli dari grosir/ pabriknya/ sponsornya).

BAGAIMANA MEMBERI HADIAH TANPA MENGURANGI MARGIN, TAPI MALAH MENDAPAT KEUNTUNGAN DARI PENJUALAN HADIAH?
1. Cari hadiah yang mahal/ kesannya mahal.
2. Kemudian diberi syarat
    untuk pembelian dalam jumlah tertentu pembeli dapat beli hadiah dengan harga murah.
3. Diberi batas waktu.

Contoh praktik
1. kita memberi hadiah bisa lebih untung karena hadiah dijual.
    contoh: beli 5 gram emas berhadiah kaos dengan hanya menambah Rp.2000 rupiah saja.
               (sementara harga grosir kaos adalah Rp.1700 sehingga untung Rp.300 per kaos)
2. Pompa bensin "Shell" menjalankan program
   "Bagi pembelian 20 liter boleh membeli mobil-mobilan Ferarri terdiri dari 6 varian @Rp.29.500"
    Padahal harga di China (pabrik mobil-mobilan Ferrari dijual sekitar seharga Rp.8.000).
    Program diberi batas waktu, dan setelah batas waktu habis, kelangkaan mobil-mobilan terjadi, dan
    harga kembali dinaikkan.
3. Membuat paket dua produk/ jasa dengan harga satu.
    Program ini dijalankan dengan membeli dan membayar penuh barang hari ini dan mendapat
    voucher belanja senilai yang sudah dibayar. Jadi, dikemudian hari pelanggan bisa belanja dengan
    voucher tersebut seolah mendapat diskon 100%.
4. Membuat paket lebih besar dengan harga lebih murah.
    contoh: sebuah perusahaan lokal paling laris di daerahnya karena mengandung nilai tambah
               satu unsur khas yang tidak ada di produk lain. Suatu hari ada perusahaan multinasional
               yang ingin meramaikan unsur khas tersebut. Perusahaan lokal ini mengetahui, dan
               meluncurkan paket setahun cairan pembersih dengan harga lebih murah plus bonus 3 botol
               1 literan. Akibatnya perusahaan multinasional tidak laku, karena orang sudah memiliki
               produk perusahaan lokal untuk 15 bulan. 
5. Membuat produk/ jasa endorsement
    contoh: handphone motorola dengan Dolce dan Gabbana.
6. Membuat paket Banyak Produk dengan Harga Total Jauh Lebih Murah Dibandingkan dengan
    harga eceran.
    contoh: harga diskon untuk jumlah pembelian yang banyak.
7. Menjelaskan keunggulan produk/ jasa sejenis dengan bukan menjelekkan produk dan jasa lain.
8. Menjelaskan detail proses pembuatan yang unggul.
9. Menjelaskan detail features.
10. Menjelaskan detail benefits.
               

0 komentar: